Sabtu, 05 Juni 2010

Hasil Diskusi Pertemuan IV

Diskusi Setu pahingan Jumat 4 Juni2010 di Karangdwo ; Kawruh Jiwa
yang hadir :
1. Tatok
2. Didit
3. Trisno
4. Eigner
5. Kristi
6. Pakde gun
7. Eric
8. Vicki

Didit:
Pengantar dengan pembacaan makalah mengenai kehidupanSuryoMentaraman Rasa ingin bertemu dengan orang meski dengan sudah menjual seluruh hartanya dan bahkan dalam perjalanannya bahkan dianggap sebagai penyembuh dia juga masih bertanya-tanya tentang belum bertemu dengan orang.
Pengaaman dalam bertemu dengan orang dialami pada saat kali opak banjir dan dia menyeberang dan sampai di tengah suryo mentaraman gelagapan dan pada saat itulah dia baru merasakan bahwa dia merasa bertemu dengan orang
Jiwa adalah yang tidak kasat mata dan raga adalah yang kasat mata
Rasa yang tidak dapat dipahami itu adalah
Rasa itu ajeg
Yang perlu dipelihara menurut dia adalah rasa ajeg
Menurut suryo mentaraman supaya tidak jatuh dari neraka itu adalah dengan memelihara rasa ini.
Tugas manusiaadalah mengenal kemunculan dari karep

Tatok :
Sejauh yangsaya tahu
Memang padapertanyaan yangdiajukan leh surymentaraman samadengan yesus siapakah sesamaku manusia. Itu yangselalu ditanyakan artinya sdiatidaktahu siaakah manusaia makadiatidak tahu bahwadirinya sendiri adalah manusia nah dari pergumuan yang dahsyrat ituah surymengambilpengalamanpalingtragis danitu adaengaruh budhisnya yaitu pada saat orangterjatuh pada titik palingtragisorang akan menemukan pencerahan.
Danada yangfokus kepsikologisnya seperti darmantoyatman bagaimana suryomembangunkonseppsikologisrang jawa segala macamperasaan yang bisadimunculkan leh orang danyang bisamulur mungkt\ret dan itu berkaitanjuga dengan kosmoogi orangjawadanapa yang sangat eksistensialmilikkhasnya suryo adntaradikotomiitu tidak menjustifikasi dan ini yangberbeda padaknsepgamapadaumumnya dan sebaliknya tidak dan au dihubungkan sedengan keselamatan.Suryomentaramantidaky justru kalau orangmampu berada diatas segaanya itu. Nah orangharus bisamasukkerasa. Kebahagiaan akan kurang ketikaterpengaruh rasanya Rasa adalah tetap ! orang mengenalikembalipada intihidupnya yangmenurut suryomentaraman yangtidakdipengaruhi oleh keadaan yang diahadapi. Nahitu dari sisi psikologikanpengaruhnya sangat banyak cnth sederhana saja orang jawa ini yangpernah diprotesistrinya penginjildari beanda yangpernah datang diGKSBSkepada ajajran jemaat masak ada seorang ibu yang kehilangan anaknya dengan tragis besoknya kami datang dengan kesedihan ibu itu bisa tersenyum dan berscerita dengan tenang dan sukacuita. Nah penginjil itu kan orang belanda sehingga rasanya sedih adalah begini tapi kalau orang jawa tidak menurut suryo mentaraman.
Jangan dikira kalau orang jawaomong menulis itu tidak terstruktur dan tidakada referensinya. Manusia jawaitu tahu karena ada rasa.dirasa.
Kalau ini kalau orangkristen itu yang kekaladalah logos yang adalah Allah nah kalau suryo puncakspiritualitasnya adalah rasa. Nah ini masalahnya.
Nah kalau yangbuku-buku olmiah yang terakhir itu yang menmggugat tentang monteisnya berger itu kenapa kekristenan memusatkan padalgos lalu dkembangakankepadareformasikemudian pencerahanlalu fkusnya padailmu dan pengetahuan.Sisi yang berbeda dikesampingkan.

Didit :
Orang yang dicari adalah bejo dan ssama seperti yesus.Semua itu karep

Vicki;
Jadi yang dicari Suryo adarasa ya ?

Tatok ;
Kabegjan itulah yangdia cari lha menariknya adalah dia yang menciptakan rasa

Vicki :
Seperti yang saya bacapadanoveldan terbantu setelah membaca buku harun

Tatok :
Hati hati dalammembacabuku harun karenadiamembaca jawa dengan kacamatakristen
Kalau difilsafat modern yang bisa dipadankan itu kalau rasa itu dilihat sebagai sebuah sistimpengetahuan dia itu adalah engetahuan yangtidak bisadijelaskan dan setiaporangunya kenapaserangbidan sama=samadididikdiperguruan tinggi yang samayangsatu lenbih disenangiorang yang laintidak.beda dengan ahli kompyangpunya keahlian yang sama. Kenapapetani sama-sama mengetahui soalpertanian tapi ada yang hasnya baikdan yang satu tidak.Nah itu menurut pengetahuan modern ada satu pengetahuan yangtidakdimiliki olehorang tersebut.

Didit :
Saya pernahdijelaskan saat pakde belummeninggal bukak jendela adasinar nah itu yang dinamakan bejo

Tatok :
Itu samadengan anekdotnya tentang tidur,tidur hanya bisa diterimabukan dikarepkeatau dijadikan kabegjan.

Kristi :
Berarti tidakbergantung padasebab akibat.

Tatk :
Tapi proses dia kan memang melewati itu juga. Dia masuklebih dalam sekedar kausalitas,sebab akibat,

Vicki :
Kalau begini bisadisamakan dengan pengalamansiritual

Tatok :
Puncakpengalamans[puncaknya suryo adalah di sngai,yesus digetsemani,muhammad miraj,

Vicky :
Saya juga pernah mengalamaihal itu saya akan menabrakmobil saya remdanmuter rasanetreceb-treceb

Tatok :
Itu kan jugapentgaruh islamajuga bahwa catatan dalamdiri manusia adalahknsepdasarnya orang sejaklahiradalahkosong bersih seperti buku putih.tapi itu juga jangan langsung diterimakarena sanga tbertentangan dengan iman kristen.

Didit :
Yang menarik anak-anakdari Suryo banyak yang masuk katolik

Tatok :
Kenapa gereja katolik bisa menjadi besar dan aman di jogya karena bisa inkulturasi.

Kristi :
Yang menjadi rumit adalah dalampenjelasan bahwa rasa yang adaadalah rasa takut,marah

Tatok :
Rasa yang sudah diberi predikat

Vicki :
Kalau suryo yang diajarkan masalah jiwa ya ?

Tatok :
Bukan ! tapi masalah rasa.Jiwatapi bukan dalam arti jiwa yang kekal.

Kristi :
Apakah bisa dipadankan dengan damai sejahtera ?

Tatok :
Entahitu masih sesuatu yang dikarepke mungkinklaau bentuknya sama tetaiitu kan kaau di riten adalah ajaransesuatu yang harus diajarkan.Surymentaraman justru tidaksuka bahwa rasa itu tidak bisa dicari tapi diterima

Didit ;
Damasejahtera dikatakan suryo dengan tatag ketikaorangsudah menemukan rasa itu

Tatok :
Itu yang sedang dicari perdamaian sejati itu yang seperti apa sih / ada yangdengan pendekatankonflik lah nah ada yang spiritualis modern mrekart itu yang mempelopri yangterus dikutipbanyak tokoh bahwa perdamaian itu adalah orangharus diajari dengan melihat dirinya sendiri.
Kalau dalam istilah kekristenan itu sendiri adalah berserah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar