Sabtu, 24 Maret 2012

Hasil pertemuan 23 Marer 2012

Diskusi 23 Maret 2012, Thema: Arsitektur Jawa sebagai Ungkapan Spiritualitas Masyarakat Jawa
Di mumu,
Yang hadir
  1. 1.       Rizal H. – pemakalah
  2. 2.
  3.        Endang N.
  4. 3.       Kristi
  5. 4.       Daniel
  6. 5.       Pdt. Didit
  7. 6.       Pdt. Tatok
  8. 7.       Charlotte
  9. 8.       Eigner
  10. 9.       Pdt. Yanne
  11. 10.   Eri
  12. 11.   Vicky


Tatok; ide dasar peletakan batu pertama-kitab suci->petra, di jawa peletakan dasar itu tiang utama. Batu terpenting dari bangunan?
Rizal-> terpenting atap, proyeksi dari atap untuk mendapatkan luasan rumah.
Didit; biasanya dibuat atapnya(tradisionoil) buat tiang-> naikkan penuwun. Penuwun jadi lalu bangunan dibuat.
Tatok: pernah pimpiin doa untuk upacara mendirikan tiang pertama; spiritualitas pada tiang pertama. Yang dianggap paling penting.
Yanne; peletakan batu pertama masa orba?
Didit; modern ada ritual duduk pondasi- setelah rencana
Tatok; pendirian tiang pertama-upacara, wuwungan baru bidston besar
Didit: ketika wuwungan naik, itu sudah bisa untuk berlindung, lalu disyukuri. Pendoaan tiang lalu yang pertama.
Tatok; GKSBS punya liturgy; pemberkatan ruamah dg pembukaan pintu, diprotes warga, warga bersukurnya ketika warga menaikkan atap; liturgy minta diganti wkt pembangunan atap bukan yg lain
Secara tradisi tetep ada menaikkan wuwungan.
Krisit: bidston ketika akan ditinggali.
Yanne; gksbs banyak ritual, diklaten gmn?
Didit; beberapa doing
Tatok; warga tkt pad apendita jadi dilanjutkan tradsisinya
Yanne; tergantung ajaran pendeta pertamanya, yg buat tradisinya
Tatok; banyak orang tidak lagi bersukur-tidak lagi berdoa.

--intermezzo—
yang mengajar awal mesti pendeta londo. Jepang ewe diarani londo,
Didit yang gak dikatakan londo cm cino,
Yanne; iya, dulu jaman kecil ada encik, cina, jawa, londo.
End: buat karmas juga ada , merang londo.
Tatok: termasuk orang srilanka dikatain wuh, Londo!
Didit; wuh, londone isa karma!
--
Eigner; jaman landa bingung sampai di Indonesia buat rumah jenis mereka ternyata basah karena tidak mengenal tritisan.
Charlotte: mahal di US buat tritisan, jadi dibuat pendek, dibuat talang.
Tatok: jawa itu boros, dah ada tritisan dibuat talang J
Didit: kiayi sadrah, dipercayai orang spiritual pertama mesipun tak pernah memplokamirkan sbg gkj.
Tugu yg disebut = soko guru, kayu gede banget,  kondisi skrang tidak bisa dipercaya bisa punya soko guru segede itu.
Rizal= orang misikin dulu orang yang rumahnya kayu, sekrng rumah kayu-> orang kaya.
Didit-> mesjid demak, skoko guru dipertahankan oleh sunan, tapi kekurangan kayu, akhirnya di buat tatal (blandarnya dibawa kodok) ada mtologi di demak, sungai yg dipake utk membawa kayu inii, menujuu kudus ad sungai besar, bnyk orang mandi sumber minum, buang air karena diyakini sungai berkah. Dan kayu2 ditarik oleh katak2 diyakini.
Didit; masukan letak rumah, hadap rumah kemana.
Kristi; hadap pendhapa yang gak boleh hadap timur, ada cerita bangun hadap timur besoknya mbalik hadap.
Rizal; ruamah hadap selatan
Didit; kecuali kraton hadap utara.
End. Timur; bagus hadap matahari terbit,  sinar matarhari pagi, slatan bags, angin laut bgs.
Yanne;  sebelum kraton?
Tatok; gua, kwkwk
Didit; mesjid hadap timur kiblat barat.
End; lapangan bal-balan hadap utara selatan. Hehe
Yanne-rizal-> penjelasan sanggeng pe
Yanne: kok berdasar atap?
Rizal: dibedakannya berdasar atap,
Tatok; tiangnnya tetep, atapnya yang berbeda-beda

Didit- limas an filosofinya atap limasan saling mendukung strukturnya
Didit; menariknya ketika bertamu dg konsep jawa, akan tahu diletakkan dimana, karena letaknya. Yang terhormat, tamu biasa dll.
End. Srg banyak tidak menghargai tamu; dii garasi, pun juga ada yg masih enghormati
Yane; sekrang udah jarang yang punya rumah jawa lengkap ya?
Didit; peletkaantamu juga jadi suhda tauhu pemilikk rumah sendag modd /tidak ingin ditemui
Yanne; kamarmadi di depan bgmn?
Didit; ya, rumah tingalam mbah sumur didepan; mr madi didepan. Untuk cuci kaki sebelum masuk.
Tatok; pekiwan ; kamarmandi, di kiri.
Krisit, kamar mandi di kri dari tamu, kanan rumah ->pekiwan.
Tatok; dapur-> belakang, buri wingking.
Didit; hasil panen malah di dalem, dimana harta berada disitu jiwa berada
Tatokl tempat paling aman, dulu di lumbung, lumbung tidak ada maka di dalem,
Didit: tamu harus bersih dulu sebelum masuk rumah, kaki berdebu, kotor,
End. Buang sawab juga, missal sblm datang habis layatan
Didit. Tradisi masih ada, missal pnya anak kecil jaga kesehatan.
End. Biasanya dulu meninggal karana penyakt menular.
Didit. Sekarng krisi lahan, kamarmandi di dalam, sumur pun juga Cuma pipa. Orang bikin sumber air, baru memulai membuat rumah.
End. Istilah babon angkrem, punya uang baru lanjut pembangunan.
Didit; cerita; mitologi, ratu kidul di selatan, rumah menghadap selatan. Dalam arti penghormaan pada sang ratu. Jangan sampai menghdap utara gak ilok. Secara fengsui ternyata baik selatan daripada hadap utara. Beberapa orang tua mengusukan hadap ke selatan pada anaknya baik merantau atau tidak, masih dalam momongan ratu kidul.
Charlotte: hadap rumah lebih karena cuaca atau mitologi? Terlalu dingin, panas, mempengaruhi jumlah pintu, jendela.
Mitologi reason/practical?
Tatok; sangat berdasar mitologi, walau pelaksanannya praktikal. Nenekmoyang yang resreach itu dulu untuk mengatakan ke kturuanannya dengan mitologi
11.31 datang eri+Vicky
Yanne; sekarang tidak memperhitungkan mite itu.
Didit. Rumah sekarang menghadap jalan sekaarang. Tidak seperti skrang dulu jalan diutra rumah pun hadap selatan. Penghadapan untuk penyampaian kepada masyarakat lebih mudah dengan mite,
Daniel; seprti di temat simbah, dulu menghadap selatan semua, sekrang hadap jalan.
Yanne; tidak ada ingatan akan mitos lagi, lebih kearah jalan.
Dididt; sekarang biasa gerah, karena rumanya yang udara panas, dulu itu panas situasi kejiwaan.
Yanne; orang didaerah dingin tak lagi ikut tempat tapi berdasar tren.
Rizal; gaya hidup
Didit; pondasi mengkikuti struktur tanah, bukan melawan.
Eigner; pondasi barat vs jawa
Yanne; tak lagi mitos, ..
Tatok; rumah orang kriten yang hancur ketika gempa, karena mengangap budaya setempat tak alkitabiah,
Didit; rasionalisasi kuat, oran eropa dia harus melawan secara rsional. Keetika pondasi kuat dalam, kalau orang jawa berdasar yang ada, gempa ya pondasinya buat yang bisa bergoyang juga.
Rizal; desain ikut tradisi
Tatok; gempa di miwa ruma tradisional banyak yang utuh, untngya greja dibuat bentuk ttradisonal pindah 2meter gak runtuh. Cilakaknya banyak uang, buat greja yang tidak tahan gempa malahan.
Didit; jawa juga pake rasional sebenarnya
Kristi; rasionalisasi itu penjabaran, tapi mas didit rasionalisas itu tidak seperti itu
Didit: sekarang buat rumah sprt orang jawa tidak dsbut membuat rumah,
Tatok; biasanya orang Kristen buat rumah tak percaya lagi mitologi setempat, karena menggangap mitologi setempat sesat. Why? Menjadi orang modern, when? Sejak londo.
Didit; Perubahan arstktur terjadi bukan sejak islam masuk tapi sjak kriten masuk
Charlotte. Arstektur tak bgs krn dari barat.
Tatok; pengalaman di Sumatra, bangun greja pertama, bangun greja bentuk tradisional Sumatra. Geser 2 meter taka pa-apa, setelah gempa punya uang bikin gereja baru model barat, dari batu dll. Dan pasti ada gempa hancur. Greja liwa.
Why berkiblat ke barat: lebih Kristen lebih …
Kristil udlu jadi Kristen jadi londo
End. Pakai jas karena weather,
Tatok, pendeta pakaii jas, tuxedo dan orang bangga, official clothes bahkan dalam toga pakai jas
Didit; sarung, jawa, dianggap islam oleh islam, tapi aslinya jawa.
Tatok: upper hero gak ada yang pake toga, ribet
Charlotte; untuk reformis toga? Di metodis… gak
Yanne; jarang pake tradisional, minim pakaian rapih
Tatok kata carlot di reformis US kotbah pake tshirt with colar tidak selalu, t-shirt berkerah.
-pusat bangunan di rumah jawa di mana?
Sentong tengah.
Didit: Lumbung, tak semua diletakkan di lumbung -> ke sentong tengah, bawa pulang dewi sri. Yang punya rumah di luar dalem, karena untuk menjaga dalem. The most important place.
Eig; bertemunya makro kosmos dan mikro kosmos
Didit di nusa jawa ada,
Yanne+end, gak ada sekat di senthong.
Didit; ssangakt kaya membedah foloofi rumah jawa, pintu; tak ada yang besar, harus menunduk.
Tatok, yang puny a pendek. Pintu harus lebih endek lagi.
è Tempat paling penting dan paling sacral
Didit; symbol wiwitan, hanya panen pertama yagn di taru disentong. Tikus tidak dibunuh tapi diebri makan dg yang tidak dimakan manusia, ketela.
Tatok; pera yyang punya rumah ketika membangun rumah. Ketika masang atap, yang harus coba yang punya rumah. Di lampung, tuan ruamh ngecek, naik ngencik2 bila bilang OK pembangunan lanjut. Waktu gereja bangun saya disuru naik dahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar